MANEJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang bahwa pendidikan mempunyai tugas membentuk sumberdaya manusia yang bermutu. Agar madrasah dapat memiliki sikap dinamis, kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah, kondisi objektif, manajemen peningkatan mutu madrasah meliputi kebijakan, perencanaan pelaksanaaan, pengawasan, dan hasil manajemen peningkatan mutu madrasah di MA Baabussalaam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kualitatif metode deskriptif teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan analisis dengan penafsiran deskripsi semata. Menurut PP No.19 tahun 2005 disebutkan bahwa peningkatan mutu pendidikan memerlukan standar mutu, dilakukan dalm satu prosedur tata kerja yang jelas, strategi, kerjasama dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dan dilakukan secara terus menerus berkelanjutan. Metodelogi yang digunakan adalah metode deskriptif teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan analisis dengan penafsiran deskripsi semata. Hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa, pelaksanaan dilakukan melalui program kerja yang mana meliputi manajemen kesiswaan, kurikulum, tenaga pendidik, sarana prasarana, keuangan dan pembiayaan, hingga budaya dan lingkungan. Pengawasan dilakukan dengan penyusunan program pengawasan di madrasah didsarkan pada Standar Nasional Pendidikan yang lalu disosialisasikan keseluruh pendidik dan tenaga kependidikan, kemudian masing-masing akan mempunyai tanggung jawab dalam setiap bidangnya. Hasil dilakukan evaluasi terhadap suatu program madrasah yang mana dengan diadakan rapat yang terprogram, yaitu rapat awal tahun, rapat pertengahan, rapat akhir.