PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROGRAM UNGGULAN MADRASAH
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Plus Daarul Hufadz Kabupaten Sumedang memiliki program unggulan yakni program tahfidz Qur’an dengan harapan bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar alamiah, peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan program unggulan, manajemen peningkatan program unggulan madrasah, faktor penghambat dan penunjang dalam meningkatkan program unggulan madrasah, serta keberhasilan peran kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan program unggulan madrasah di MTs Plus Daarul Hufadz Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi, teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan yang telah dicapai yakni banyaknya peserta didik yang mencapai target hapalan dan banyak yang melebihi target hapalan serta fokus terhadap lulusan target 3 juz untuk tingkat 3 maka dipastikan sudah mencapai 80%.