MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP DTBS ECO PESANTREN

Abstract

Pendidikan Indonesia saat ini, terbukti telah banyak melahirkan manusia yang mapan secara pengetahuan tetapi lemah secara mental (karakter). Ini menjadi masalah besar bagi generasi suatu bangsa. Manajemen pendidikan karakter dalam hal ini adalah sebagai solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan SMP DTBS Eco Pesantren sebagai objek penelitian. SMP DTBS Eco Pesantren dalam melaksanakan manajemen pendidikan karakter melalui serangkaian proses fungsi manajemen, yaitu: (1) perencanaan, yaitu menentukan karakter BAKU (Baik dan Kuat) sebagai nilai-karakter ditanamkan, kemudian merumuskan visi, misi dan tujuan sampai menyusun kurikulum serta program terintegrasi nilai-nilai karakter tersebut; (2) pelaksanaan, dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu; pembelajaran di kelas, program budaya karakter dan masyarakat (mengacu pada Pepres No 87 th. 2017) serta metode pembiasaan dan peneladanan; (3) pengendalian, dilakukan dengan membuat tata tertib yang diakui oleh seluruh warga sekolah sebagai standar peraturan yang harus dipatuhi, serta menetapkan sanksi (punishment) jika terjadi penyimpangan atas tata tertib tersebut.