PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGUNAKAN MEDIA AUDIO VIDEO PADA SISWA KELAS X SMK PI AMBARUKMO 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan media audio video pada siswa kelas X SMK PI Ambarukmo 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XAP2 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pengamatan (observasi), wawancara, dan tes menulis deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasar pada peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian KKM dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio video dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa XAP2 SMK PI Ambarukmo 1. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan kualitas proses terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peningkatan kualitas proses terlihat dari kondisi siswa yang lebih aktif bertanya, lebih antusias, dan lebih mandiri. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis deskripsi dari pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 64,5, siklus II 69,5, dan siklus II 73,5. Dengan demikian, keterampilan menulis deskripsi siswa kelas XAP2 SMK PI Ambarukmo 1 mengalami peningkatan, baik proses maupun produk, setelah dikenai tindakan dengan media audio video.