ANALISA CUSTOMER LIFETIME VALUE UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE RFM

Abstract

Perusahaan XYZ adalah perusahaan e-commerce. Dalam bisnis, XYZ telah berusaha melakukan akuisisi pengguna sebanyak mungkin. Namun, pemasaran Perusahaan XYZ telah mengklaim jumlah pelanggan baru. Masalahnya adalah divisi pemasaran produk, yang berarti bahwa pelanggan dan penjaga mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi juga. Jadi, penelitian ini akan difokuskan pada bagaimana mengelompokkan pelanggan dengan menggunakan metode RFM dan mengelompokkan pelanggan menjadi 3 kelompok (Rendah, Menengah dan Unggul). Oleh karena itu, kami dapat menjadikan promosi lebih personal bagi setiap pelanggan berdasarkan kelompok kelompoknya, untuk mengetahui kelompok mana yang lebih dominan untuk kategori tertentu. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai dan frekuensi transaksi dari masing-masing pelanggan.