Sistem Informasi SDM Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Balanced Scorecard
Abstract
Sumber daya manusia merupakan jantung kehidupan organisasi atau perusahaan. Karyawan atau pegawai sebagai penggerak motor primer kegiatan perusahaan yang menjadikan berhasil atau gagal dalam menjalankan visi, misi, dan tujuannya. Namun, manualisasi dalam pekerjaan administrasi sumber daya manusia akan menyulitkan prosesnya tanpa sistem yang terkomputerisasi. Pihak manajemen perlu melakukan adanya suatu peningkatan dalam mamanajemen sumber daya manusia untuk mencapai target yang ingin dicapai perusahaan. Dibutuhkan suatu pengukuran kinerja yang diperlukan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya suatu target perusahaan. Dengan menggunakan metode balanced scored card yang terdiri dari empat perspektif diantaranya perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Dengan hasil akhir untuk rasio efektivitas berkisar pada 94-95%. Sedangkan untuk rasio aktivitas pada pembelanjaan jasa sebesar 40-45%. Hasil dari pengukuran kinerja berdampak pada pemberian nilai akhir atas dasar pengambilan keputusan dari sisi manajerial.