ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA PERSEDIAAN PROMOTION MATERIAL BERBASIS WEBSITE
Abstract
PT Metiska Farma merupakan perusahaan yang bergerak di industri kesehatan khususnya bidang farmasi yang memproduksi dan memasarkan berbagai produk Ethical (Obat dengan resep dokter). Untuk pelaksanaan kegiatan promosi produk, PT Metiska Farma menyediakan promotion material seperti brosur, banner dan juga merchandise yang bersifat gimmick untuk konsumen. Dimana data-data ketersediaan promotion material ini masih dilakukan secara manual dengan menggunakan Microsoft excel. Dan setiap area atau cabang PT Metiska Farma dalam mengajukan permintaan cetak brosur atau peminjaman banner harus menghubungi kantor pusat dengan menggunakan telepon. Analisis perancangan sistem informasi manajemen data persediaan promotion material ini bertujuan untuk meng-upgrade sistem manual yang saat ini masih digunakan guna mempermudah PT Metiska Farma dalam memngatur persediaan promotion material ke dalam bentuk website. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode SWOT yaitu singkatan dari lingkungan internal Strengths (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) serta lingkungan eksternal Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman) dan fishbone diagram yang sering disebut Cause-and Effect Diagram atau Ishikawa Diagram. Mengubah sistem promotion material dari manual menggunakan excel menjadi sistem yang berbasis website dapat memudahkan staf produk manajemen pusat ataupun area (cabang) dalam mengakses data dan mengajukan permintaan kepada kantor pusat. Kata kunci: penelitian, promotion material, farmasi, swot, fishbone diagram.