PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU AL-HIKMAH WAGIR MALANG

Abstract

Permasalahan yang dihadapi yaitu perkembangan keaksaraan awal kurang dan dalam pembelajaran dikelas guru jarang menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang menarik minat belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan maka peneliti merancang kegiatan proses pembelajaran dikelas dengan penerapan media pembelajaran yaitu flashcard untuk meningkatkan perkembangan keaksaraan awal peserta didik di RA Muslimat NU Al-Hikmah Wagir Malang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini  dibuat dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan memperoleh hasil 45% atau 5 dari 11 peserta didik, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 81% atau 9 dari 11 peserta didik  yang mencapai sesuai indikator yang diharapkan. Sehingga dari kegiatan penelitian tindakan kelas ini dapat dilihat bahwa perkembangan keaksaraan awal peserta didik sudah mengalami peningkatan.