PENERAPAN BERMAIN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI RAUDLATUL ATHFAL AL-HIKMAH SENGON

Abstract

Permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya wawasan, informasi secara teori maupun praktek dan kopetensi yang dimiliki guru untuk terus menggali kemampuannya dalam memilih permainan yang kreatif, inovatif, tepat sasaran, dan harus tetap menyenangkan sehingga menyebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam mengajar dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini bertujuan menemukan solusi pada pembelajaran kognitif dengan penerapan bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok RA Al-Hikmah Sengon. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus dengan 3 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap pra siklus dari 19 anak yang tuntas belajar sejumlah 9 anak dengan persentase 47,3%. Sedangkan pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan menjadi 18 anak yang tuntas belajar dengan persentase 94,7%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B RA Al-Hikmah.