PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU 26 MALANG

Abstract

Kemampuan berbahasa anak merupakan suatu hal penting karena dengan bahasa tersebut anak dapat berkomunikasi dengan teman atau orang-orang disekitarnya, permasalahannya yaitu kurangnya wawasan guru dalam memilih metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga didapat penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa anak pada penelitian ini..Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur empat tahap yaitu: tahap perncanaan;  tahap tindakan; observasi serta refleksi.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penerapan metode bercerita di Ra Muslimat NU 26 Malang  dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok karena terjadi peningkatan prosentase anak yang memenuhi kriteria ketuntasan bahasa anak dari siklus I 42% naik menjadi 82% pada siklus II yang masuk pada kriteria sangat baik, dan terjadi kenaikan sebesar 95%. Sehingga dari pengamatan dari siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan.