PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGINTEGRASIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MEDIA CHEMSCETCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative learning Tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  Madrasah Aliyah Negeri 2 dan Negeri 3 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak empat kelas yang terdiri dari 2 kelas X  Madrasah Aliyah Negeri 2 Medan dan 2 kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Masing – masing kelas dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah siswa keseluruhan untuk  kelas kontrol dan eksperimen adalah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik analisa data dilakukan dengan paired sampel  uji T melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media chemschetch terhadap hasil belajar siswa.