PENGGUNAAN METODE MIM- MEM UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan belajar bahasa Arab. Untuk keberhasilan pengajaran yang berkaitan dengan metode yang digunakan. Mim adalah singkatan dari mimicry yang artinya meniru dan mem adalah memorization yang artinya menghapal. Metode yang digunakan dalam mengajar keterampilan berbicara di sekolah biasanya sangat monoton dan bahkan penggunaan metode tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga siswa merasa bosan dalam mempelajari bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara yang membuat siswa merasa sulit untuk berbicara bahasa Arab karena masalah ini. Metode mim-mem berguna untuk melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi mereka. Karena setiap latihan-latihannya dilakuakan oleh seorang pengajar atau penutur asli yang dapat mendorong siswa dan terbiasa berbicara seperti penutur asli. Pokok masalah penelitian ini adalah: bagaimana efektifitas penggunaan metode Meniru dan Menghapal terhadap keterampilan bicara di sekolah MTsN Lampihong? Jenis penelitian ini adalah desain penelitian ekspremen dengan penggunaan pre-test dan post-test dalam satu kelompok. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa dari kelas dua di MTsN Lampihong. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa penggunaan metode mim-mem dalam rangka untuk meningkatkan pengembangan keterampilan berbicara sangat efektif.