SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DALAM PENGUATAN KUALIFIKASI ABITUREN MDQH AL-MAJIDIYAH ASY-SYAFI'IYAH NAHDLATUL WATHAN PANCOR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi 3 elemen sistem pendidikan pesantren dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH Al-Majidiyah AsySyafi'iyah Nahdlatul Wathan Pancor. Untuk hal tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci yang ditentukan adalah TGH. Muhammad Yusuf Ma‟mun selaku Amir MDQH. Melalui penelitian tersebut didapatkan informasi hasil penelitian bahwa: (1) Pemberdayaan kurikulum sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan efektif dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH, (2) Pemberdayaan ustadz/ustadzah sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan strategis dan penting dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH, (3) Pemberdayaan pemondokan sebagai salah satu elemen utama sistem pendidikan pesanteren berperan strategis dan penting dalam penguatan kualifikasi abituren MDQH.