Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains
Abstract
Abstrak Latar belakang penelitian ini yakni rendahnya kecerdasan naturalis pada kelompok B di TK Gardini. Dapat terlihat dari lemahnya kesadaran anak dalam melestarikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sains melalui metode discovery inkuiri serta mengetahui pembelajaran sains melalui metode discovery inkuiri dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis dan McTaggart melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 13 anak, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dan refleksi dalam setiap siklusnya berdasarkan hasil pengamatan yang terekam dalam catatan lapangan. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pengamatan perkembangan kecerdasan naturalis anak usia dini mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pengamatan sebelum tindakan (pra siklus) sebesar 46,49%, pada siklus I sebesar 61,16% dengan peningkatan sebesar 14,67% dan pada siklus II sebesar 79,86% dengan peningkatan sebesar 18,70%. Dengan demikian presentase peningkatan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui meode discovery inkuiri pada pembelajaran sains telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 75%. Artinya metode discovery inkuiri sangat efektif dan dapat digunakan dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Kata Kunci: Kecerdasan naturalis, metode discovery, metode inkuiri, pembelajaran sains Abstract The background of this study is the low intelligence of early childhood naturalists in group B in Gardini kindergarten. This can be seen from the lack of awareness of children in preserving the environment. The purpose of this research is to know how to apply science learning through inquiry method and to know whether science learning with inquiry method can improve the intelligence of early child naturalist in Gardini kindergarten. This research uses classroom action research method Kemmis and McTaggart through four stages of implementation, execution, observation and reflection are done two cycles. The subjects were 13 children, consisting of 7 males and 6 females. Data completion technique in this research use observation. This study uses analysis and reflection in each cycle based on observed results recorded in field notes. Results of research conducted during two natural development cycle at the age of the cycle. Pre-action monitoring (pre-month) was 46.49%, in cycle I, 61.16% with an increase of 14.67% and. Thus the percentage improvement of early child naturalist intelligence through meode discovery inquiry on science learning has achieved a success indicator of more than 75%. This method of inquiry discovery is very effective and can be used in improving intelligence. Keywords: Natural intelligence, discovery method, inquiry method, science learning