STRATEGI PEMBERDAYAAN UKM DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi pemberdayaan UKM sektor manufaktur di Sentra Industri Logam Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo yang dilakukan oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dalam meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menggambarkan secara mendalam bagaimana pemberdayaan yang dilakukan dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Hasil penelitian ini menunjukan adanya upaya pengintegrasian antara kegiatan bisnis dan sosial dimana kegiatan pemberdayaan yang dilakukan YDBA tak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. Keunggulan bersaing diraih dengan optimalisasi salah satu aktivitas dalam rantai nilai yaitu aktivitas procurement. Dengan menjadikan UKM binaan sebagai pemasok, perusahaan memiliki alternatif pemasok, jaminan pasokan barang serta harga barang yang lebih terjangkau. Metode pemberdayaan dilakukan melalui kegiatan pelatihan, pendampingan, fasilitasi pasar dan fasilitasi pembiayaan. Tujuannya agar UKM binaan memenuhi kualifikasi sebagai pemasok serta mencapai kemandirian. Kata Kunci: Pemberdayaan, UKM, CSR, Keunggulan Bersaing, Rantai Nilai