MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERPADU DI MAPK MAN I SURAKARTA

Abstract

Model pembelajaran bahasa arab terpadu merupakan salahsatu model implementasi kurikulum yang diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan, melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa memperoleh pengetahuan dan menguasai empat keterampilan berbahasa Arab (Istima’, Kalam, Qira’ah, Kitabah) secara utuh dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan evaluasi program pembelajaran bahasa Arab terpadu di MAPK MAN I Surakarta. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah ini menerapkan model pembelajaran bahasa Arab terpadu tipe nested (tersarang) yaitu memadukan berbagai unsur bahasa dan keterampilan berbahasa yang tertuang dalam materi pelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa guru bahasa Arab memiliki metode pengajaran yang berbeda-beda dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan pembelajaran bahasa Arab terpadu juga dilaksanakan pada kegiatan asrama yaitu terbentuknya kelompok belajar intensif bahasa Arab (Arabic Club). Pada pelaksanaannya pembelajaran ini menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu yaitu mengangkat tema yang actual dan otentik, membentuk siswa secara berkelompok dan menciptakan suasana berbahasa Arab yang hidup dan bermakna diluar kelas formal.