MEMBANGUN KESADARAN SPIRITUAL DI ABAD 21: DARI AKTIVITAS MENGAGUMI HINGGA MENGINSPIRASI

Abstract

Makalah ini membahas konsepsi umum Pendidikan Islam dalamkonteks orientatif, yang semestinya menjadi spirit pengembangangagasan besar (powerful ideas) di dalam praktik pembelajaran.Miskonsepsi di dalam sistem Pendidikan Islam menimbulkanparadigma konvensional terhadap konten ajaran Islam untukmenghadapi laju zaman. Penulis melalui studi lapangankualitatif, berupaya menyajikan gagasan inovatif modelpengembangan Pendidikan Islam praksis untuk menyikapidarurat kebutuhan literasi spiritual melalui pola rekonstruksipengalaman menggunakan integrasi tujuh fase belajar yangmenginspirasi, yakni mengagumi, menghayati, meneliti,menghubungkan, mengkolaborasi, mengaktualisasi, danmemberi. Model revitalisasi kebermaknaan pembelajarantersebut didesain untuk merespon problematika kontemporer didalam sistem Pendidikan Islam.