IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GEDONTENGEN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi active learning dalam pembelajran Fiqih di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta (2) hasil penerapan strategi active learning di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjek penelitian ini hanya 29 siswa yang terdiri dari kelas VII A, dan kelas VII B. Sedangkan metode untuk pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan strategi active learning dalam pembelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta meliputi tujuan, manfaat, hal-hal yang dilakukan guru agar siswa selalu merasa nyaman dan senang ketika proses belajar mengajar, ha-hal yang dilakukan guru dalam memberikan motivasi agar anak didik ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran ketika mengajar. (2) hasil penerapan strategi active learning dalam pembelajaran Fiqih belum 100% berhasil. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil angket yang diperoleh dari siswa serta observasi disekolah.