MANAJEMEN PESERTA DIDIK RAUDLATUL ATHFAL (RA)
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep peserta didik Raudlatul Athfal dalam penerimaan dan belajar serta pengelolaan peserta didik Raudlatul Athfal bahwa kehadiran dibutuhkan di lembaga pendidikan tingkat satuan RA. Peserta didik adalah subjek dan objek dalam proses transformasi pengetahuan dan keterampilan sebagai dasar utama untuk masa awal dan dini. Peserta didik manajemen ditujukan untuk mengatur bagaimana berbagai kegiatan yang mengarah pada peserta didik potensi pertumbuhan dan perkembangan Raudlatul Athfal usia 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun ini sehingga kegiatan belajar prategangan halus, tertib dan teratur untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Manajemen peserta didik didefinisikan sebagai pengaturan bisnis untuk pelajar dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai mereka lulus. Jadi pengelolaan administrasi peserta didik atau murid personel sebagai layanan yang difokuskan pada regulasi, pengawasan dan layanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan untuk dilakukannya di sekolah. Tingkat pencapaian perkembangan peserta didik RA meliputi nilai-nilai agama dan moral, kotor fisik dan motorik halus, kesehatan dan perilaku keselamatan, kognitif terdiri dari belajar dan pemecahan masalah, serta berpikir logis dan simbolis. Untuk bahasa termasuk memahami bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan. Selain itu, lingkungan sosial termasuk emosional kesadaran diri anak, rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain, serta perilaku prososial. Sedangkan ruang lingkup perkembangan terbaru termasuk seni meliputi anak-anak dapat menikmati berbagai alunan lagu atau suara dan tertarik pada kegiatan seni.