KEMAMPUAN MERANCANG DAN MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN GURU BAHASA ARAB MTs DI KABUPAEN BANTUL

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab MTs dalam Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Kabupaten Bantul, mumpunyai tingkat kemampuan cukup yaitu dengan nilai rata-rata 73 untuk kelompok guru yang sudah sertifikasi dan 65 untuk kelompok guru yang belum sertifikasi. Kedua, Thitung lebih kecil dari Ttabel (1,469 < 2,03) dan Signifikansinya lebih besar dari signifikansi 0,05 (0,005 < 0,05) maka H0 terima, artinya tidak ada perbedaan nilai tes yang signifikan antara kelompok guru yang sudah sertifikasi dengan kelompok guru yang belum sertifikasi. Pada tabel Group statistics diatas terlihat rata-rata (mean) untuk kelompok guru yang sudah sertifikasi adalah 73,42 dan untuk kelompok guru yang belum sertifikasi adalah 64,69, artinya bahwa nilai rata-rata kelompok guru yang sudah sertifikasi tidak lebih tinggi dari pada rata-rata untuk kelompok guru yang belum sertifikasi.