TEKNIK PENGOLAHAN HASIL ASESMEN: TEKNIK PENGOLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ACUAN NORMA (PAN) DAN PENDEKATAN ACUAN PATOKAN (PAP)
Abstract
Artikel ini menginformasikan tentang teknik pengolahanpenilaian dengan menggunakan pendekatan Penilaian AcuanNorma (PAN) dan pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP).Skor mentah hasil belajar siswa perlu diinterpretasikan agardapat menjadi nilai yang bermakna. Proses inilah yangdinamakan penilaian. Agar guru tidak melakukan penilaiandengan asal-asalan, maka diperlukan suatu patokan ataustandar. Dalam asesmen pendidikan, terdapt dua pendekatanyang digunakan dalam pengolahan nilai, yaitu pendekatanPenilaian Acuan Norma (PAN) dan pendekatan Penilaian AcuanPatokan (PAP). Melalui artikel ini disuguhkan konsep dasarpendekatan Penilaian Acuan Norma (PAN) dan pendekatanPenilaian Acuan Patokan (PAP), diantaranya adalah pengertian,karakteristik, tujuan dan manfaat, prosedur penggunaan,kelebihan dan kekurangan, serta perbedan antara keduapendekatan tersebut. Ditambahkan pula contoh aplikasinyadalam Microsoft excel. Selain itu, dibahas pula tentang KriteriaKetuntasan Minimum (KKM).