PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT BERFORMAT VIDEO INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINOMARTANI II

Abstract

Tembang Macapat merupakan salah satu puisi tradisi yang hidup dan berkembang di wilayah kebudayaan Jawa yang diajarkan di sekolah dasar sebagai salah satu wujud nyata pelestarian warisan budaya Nusantara. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa upaya pelestarian Tembang Macapat menghadapi kendala minimnya media pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Pengembangan media ini dilakukan dalam dua tahap, pertama adalah identifikasi dan diskusi tentang makna syair Tembang Macapat serta pengambilan gambar video interaktif. Tahap kedua uji coba media pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian riset and development. Hasil tindakan di SDN Minomartani II Sleman pada prasiklus nilai rata-rata 65, siklus I 75, siklus II 88,7. Persentase ketuntasan klasikal prasiklus 32% (9 siswa), siklus I 57% (16 siswa), siklus II 85,7% (24 siswa). Penelitian di SD Negeri Karangasem IV Sleman nilai rata-rata pratindakan 44,71, siklus I 72,14, siklus II 81,14. Frekuensi ketuntasan pratindakan 3 siswa (8,82%), siklus I 25 siswa (71,43%), siklus II 31 siswa(88,57%). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh temuan penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran Tembang Macapat dapat meningkatkan pemahaman Tembang Macapat pada siswa sekolah dasar.