PENDIDIKAN KESADARAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kesadaran nilai, kaitan pendidikan nilai dan Pendidikan Agama Islam, serta memahami macam-macam pendekatan nilai dan implikasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan psikologi dengan jenis penelitian kepustakaan yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya moral remaja ditandai dengan meningkatnya kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai dan pendidikan agama Islam tidak dapat dipisahkan, karena muara dari pendidikan agama Islam adalah kesadaran nilai-nilai yang ada didalamnya. Pendidikan agama Islam tidak hanya bertujuan untuk menjadikan murid sholeh ritual saja, namun juga sholeh sosial. Manusia dapat menjadi sholeh dalam keduanya jika memiliki kesadaran nilai yang tinggi. Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam memberikan kesadaran nilai kepada siswa dalam pendidikan agama Islam: menggunakan strategi active learning, memberikan materi sesuai dengan perkembangan kognitif siswa, materi tidak hanya dihafalkan, namun lebih kearah pemahaman dan aplikasi dikehidupan sehari-hari, dan memerhatikan perbedaan-perbedaan individual siswa.