PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA DI DUSUN MERGAN DESA SENDANGMULYO KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak dalam keluarga (2) bagaimana hasil pendidikan akhlak dalam keluarga (3) faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan akhlak dalam keluarga. Penelitian ini bertempat di Dusun Mergan Sendangmulyo Minggir Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populatif karena subjek penelitian ini hanya 15 anak usia SD, SMP dan SMA yang merupakan warga asli Dusun Mergan yang mengikuti kajian rutin di dusun. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) pelaksanaan pendidikkan akhlak dalam keluarga di Dusun Mergan adalah dengan menerapkan sebuah pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang berupa pembiasaan sholat lima waktu, adab terhadap orang tua dan adab terhadap teman. (2) hasil pendidikan akhlak dalam keluarga di Dusun Mergan berada pada kategori sangat baik, sesuai hasil perhitungan persentase dengan hasil sebesar 88,53 %. (3) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan akhlak dalam keluarga di Dusun Mergan terbagi menjadi dua faktor pendukung dan faktor penghambat, dengan rincian sebagai berikut ; a) faktor pendukung : Adanya kajian rutin untuk generasi muda dan TPA (Taman Pendidikan Al-qur’an) yang memotivasi anak untuk aktif dalam kegiatan keislaman. b) faktor penghambat : Anak terlalu sering bermain game dalam smartphone, menjadikan anak sering menunda bahkan mengabaikan panggilan orang tua.