PEMBELAJARAN QAWAID BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE INDUKTIF BERBASIS ISTILAH-ISTILAH LINGUISTIK
Abstract
Pembelajaran Qawaid merupakan salah satu bagian terpenting dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab. Pada prakteknya, pembelajaran qawaid sebagaian besar menggunakan metode tradisional dipondok-pondok pesantren terutama pesantren salaf. Berbeda pada pesantren modern sebagaian besar menggunakan metode modern seperti metode induktif, yaitu dimulai dari contohcontoh, gambaran umum, kemudian kesimpulan atau pengertian. Namun pada prakteknya, para guru bahasa Arab masih merasa kesulitan untuk menerangkan kepada para siswa. Hal ini diakibatkan masih banyaknya para siswa yang memang belum memahami sama sekali unsur-unsur kebahasaan Arab. Kebanyakan mereka hanya memahami unsur-unsur kebahasaan bahasa Inggris. Maka dari itu peneliti mencoba untuk mendesain sebuah strategi pembelajaran qawaid dengan mendesain dan mengoneksikan antara unsur-unsur kebahasaan baik dalam bahasa arab, inggris maupun indonesia dengan metode induktif.