MENENTUKAN CUT SCORE PADA EVALUASI PENDIDIKAN
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah menjelaskan tentang pentingnya memberikan evaluasi bagi guru Pendidikan Agama Islam, salah satu bentuk evaluasi adalah memberikan nilai yang berupa angka. Angka dapat memiliki makna apakah peserta didik berhasil dalam proses pendidikan atau belum berhasil dan harus menjalani remidi. Batas angka yang menunjukkan berhasil atau belum berhasil peserta didik dalam bahasa Indonesia disebut dengan kriteria ketuntasan minmal (KKM) atau dalam bahasa Inggris disebut dengan cut score. Terdapat bermacam-macam pendekatan untuk menentkan cut score, dalam tulisan ini akan dibahas sebanyak empat pendekatan, yaitu (1) menggunakan pendekatan melalui forum guru agama Islam, (2) menggunakan pendekatan Kriteria dan Skala Penilaian, (3) menggunakan pendekatan dengan menggunakan grafik, dan (4) menggunakan pendekatan dengan zscore. Pemilihan pendekatan yang akan digunakan harus dengan pertimbangan yang matang agar kualitas pembelajaran khususnya kualitas proses penilaian memberikan makna yang berarti sehingga kualitas pendidikan agama Islam dapat lebih meningkat.