MEMAKNAI HADITS QUL KHAIRAN AULIYASHMUT DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Abstract

Peradaban manusia bermula dari kata-kata. Kata-kata yang baikakan membawa pemikiran, sikap, dan tindakan yang baik pula.Dalam pendidikan Islam kata-kata terbaik itu bermula dari AlQur’an dan Hadits Nabi saw. Sebagai tuntunan paripurnapetunjuk yang disampaikan Nabi dalam teks hadits berlakusepanjang masa. Di era Revolusi Industri yang ditandai denganproses digitalisasi segala aspek kehidupan termasuk budayakomunikasinya, kita tetap menemukan mutiara dari pesanpesannabi dalam Hadits. Penelitian ini mencoba mengkontruksimakna hadits Qul khairan auliyasmuth dalam konteksPendidikan Islam di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian iniadalah penelitian literal dengan mengkaji sumber utama AlQur’an dan hadits yang dikomparasikan dengan pandangan parapakar komunikasi barat dan Islam bertujuan menemukanformulasi komunikasi terbaik dalam konteks pendidikan Islamera Revolusi Industri 4.0. Upaya membangun komunikasi digitaltanpa meninggalkan etika moral dan tanggung jawab dalamberkomunikasi, sehingga komunikasi tidak sekedar efektif danefisien namun juga benar dan kontruktif menjadi sorotan utamadalam tulisan ini.