THE ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMAN 2 PADANG BOLAK

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan permasalahan yang ada dalam pengajaran <em>reading comprehension. </em> Peneliti mengidentifikasi bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam pengajaran <em>reading comprehension</em>. Tujuan penelitian ini adalah dalam rangka menemukan strategi pengajaran guru dalam mengajar <em>reading comprehension</em> dan masalah-masalah yang dihadapi guru dalam mengajar <em>reading comprehension</em> di SMA N 2 Padang Bolak. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan sumber data adalah guru-guru Bahasa Inggris, para siswa, dan Kepala Sekolah. Dalam rangka mengumpulkan data, para peneliti melakukan wawancara dan observasi pada sumber data penelitian, dan akhirnya data dianalisis melalui <em>data managing, reading, classifying, dan interpreting. </em>Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru mengaktifkan skemata siswa untuk bisa memahami teks dalam kegiatan membaca dan membaca keras. Sementara masalah yang dihadapi guru dalam mengajar adalah rebut di kelas, malas belajar, tidak adanya media dalam pembelajaran, dan kurangnya  motivasi dari orangtua untuk belajar. Dalam hal ini disarankan kepada guru untuk melakukan beberapa hal seperti memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar, memberikan nasehat bagi yang sering membuat keributan atau ketiduran pada saat belajar atau memindahkan tempat duduk dari satu tempat ke tempat lainnya, dan memberikan penghargaan atau hadiah bagi siswa yang mendapatkan pelajaran dengan cepat