THE EFFECT OF PEER TUTORING STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT GRADE X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah siswa dalam membaca di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, seperti mencari ide utama, topik,  struktur teks, lemahnya penguasaan kosa kata. Untuk mengatasi masalah tersebut para peneliti sepakat untuk menggunakan strategi <em>peer tutoring </em>sehingga tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk menguji efektifitas strategi tersebut terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks naratif di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Para peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dalam desain eksperimental untuk menguji hipotesis yang telah disampaikan pada awal penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah 52 orang siswa kelas X dengan 26 orang siswa sebagai kelas control dan 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Tes yang digunakan adalah tes pilihan berganda, pengumpulan data dilakukan melalui pre-tes, post-test dan <em>treatment</em>, sementara analisis data dengan menggunakan uji-t. dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa nilai rata-rata kelas control lebih kecil dari pada kelas eksperimen (75.76 &lt; 82.12), dan hasil uji-t lebih besar dari pada t-table ((2.28&gt;2.021)), sehingga jatuh pada kesimpulan bahwa hipotesis diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi <em>peer tutoring</em> terhadap kemampuan membaca teks naratif siswa kelas X SMA Negeri  Padangsidimpuan