IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH CROSSWORD PUZZLE TECHNIQUE AT SD MUHAMMADIYAH 1 PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Penelitian ini membahas tentang cara meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui teka-teki silang di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Sebagian besar siswa merasa bosan dalam mempelajari kosa kata bahasa Inggris dengan teknik konvensional yang diberikan oleh guru bahasa Inggris kelas VI, yaitu tekhnik buka kamus. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas, dengan menerapkan teknik teka-teki silang. Peneliti menerapkan empat tes dan dua siklus dalam penelitian ini. Peserta penelitian ini adalah satu kelas terdiri dari 28 siswa. Peneliti menggunakan tes kosakata sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, lembar observasi dan wawancara, d an dilakukan analisis secara deskriptif dan menggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa rata-rata skor siswa berada di siklus pertama dua tes; dalam tes pertama adalah 61,42 dan tes kedua adalah 62,14. Kemudian, siklus kedua adalah dua tes; di tes ketiga adalah 84.28 dan tes terakhir adalah 91,78. Oleh karena itu, nilai rata-rata pada siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Pada siklus pertama dikategorikan ke dalam kategori cukup dan pada siklus kedua dikategorikan ke dalam kategori sangat baik. Data dari lembar observasi menunjukkan bahwa siswa mendapat peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik teka-teki silang meningkatkan penguasaan kosakata siswa