IMPROVING STUDENTS READING COMPREHENSION BY SURVEY, QUESTION, READ, AND WRITE (SQRW) STRATEGY AT GRADE VIII SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan pemahaman membaca siswa dengan strategi Survey, Question, Read, and Write (SQRW) di kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan. Sebagian besar siswa memiliki prestasi membaca yang rendah, siswa tidak memiliki banyak kosakata, siswa tidak memiliki strategi yang baik dalam membaca. Permasalahannya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Permasalahan dalam faktor internal adalah kesulitan siswa dalam mengidentifikasi kalimat topik, mengidentifikasi ide pendukung, mengidentifikasi makna kata yang sulit, mengidentifikasi informasi penting, serta mengidentifikasi kesimpulan. Permasalahan dalam faktor eksternal adalah motivasi, pindah ke kursi lain, berisik, dan meminta izin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian siswa dalam pemahaman membaca dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca siswa dengan menggunakan strategi survey, question, read, and write (SQRW) di kelas VIII SMP N 1 Panyabungan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan desain Kemmis yang terdiri dari empat langkah sebagai; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memecahkan masalah siswa dalam membaca pemahaman, peneliti menerapkan strategi SQRW. The researcher used two cycles; every cycle consisted of two meetings. Selain itu, peserta penelitian ini adalah kelas VIII (23 siswa) dan ada kolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Sementara itu, data berasal dari tes membaca pemahaman, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa. Skor siswa pada siklus 1 adalah 53,69 (26,08%) dan skor siswa di siklus 2 adalah 75,65 (69,56%). Dari skor rata-rata siswa dalam siklus 1. Dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata pada siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Berdasarkan catatan observasi dinyatakan bahwa siswa mendapat peningkatan dan siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar membaca pemahaman. Terkait dengan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa pemahaman membaca siswa telah meningkat. Ini menegaskan bahwa dengan menggunakan strategi SQRW meningkatkan pemahaman membaca siswa