IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE MODELING AT GRADE VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan sebuah teknik pembelajaran yakni <em>Word Square Modelling. </em>Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan memilih siswa kelas VII SMP Negeri 5 sebagai subject penelitian. Dua siklus dilakukan dalam penelitian ini dengan mengikuti 4 (empat) proses dalam setiap siklusnya, yakni <em>planning, observing, acting, and reflecting. </em>Tes <em>vocabulary </em>digunakan untuk mengetahui kemampuan penguasaan <em>vocabulary </em>siswa yang dilakukan analiss dengan mencari tahu nilai rata-rata dan persentase nilai yang diperoleh oleh siswa. Hal lain yang dilakukan adalah melakukan observasi dan wawancara untuk menyempurnakan pemerolehan data penelitian. Dari analisis data yang dilakukan diketahui bahwa pesentase nilai penguasaan <em>vocabulary </em>siswa dari siklus satu ke siklus beirkutnya meningkat, yakni dari 76,19% menjadi 78.66. walaupun peningkatan yang terjadi tidak begitu tinggi, namun dapat disimpulkan bahwa penggunakan <em>wodd square modeling </em>untuk mengajari <em>vocabulary mastery</em> sungguh baik digunakan