PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIK DAN PENERAPAN BELAJAR SAMBIL BERMAIN TERHADAP KREATIFITAS PADA ANAK USIA ANAK DINI DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KOTA PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara kualifikasi Pendidik dan Penerapan Konsep Belajar Sambil bermain Terhadap Kreativitas pada Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-kanak (TK) se-kota Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak ditentukan oleh faktor Kualifikasi Pendidik yang baik dan penerapan konsep belajar sambil bermain. Kemudian Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualifikasi pendidik dan penerapan konsep belajar sambil bermain secara bersama-sama terhadap pengembangan kreativitas anak usia dini dengan hasil perolehan sebesar 97.124%. Hasil ini menjelaskan bahwa kemampuan pengembangan kreativitas anak sebesar 97.124% ditentukan oleh faktor Kualifikasi Pendidik dan Konsep Bermain Sambil Belajar secara bersama-sama