PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PRODUK GIRO WADI’AH DI PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Dari judul tulisan ini jelas terlihat bahwa bank perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah nasabah, hal ini perlu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti keberlanjutan dan keberadaan bank itu sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah dalam rangka memperhatikan seberapa besar pengaruh promosi dan lokasi terhadap jumlah nasabah produk wadi’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh promosi dan lokasi keberadaan bank dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk giro wadi’ah pada PT. Bank Sumut Syari’ah Cabang Padangsidimpuan dan untuk menentukan faktor mana yang lebih dominan diantara dua faktor tersebut. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel kuantitatif dengan angket sebagai instrumen penelitiannya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda, asumsi tes klasik, koefiecient determinan dengan menggunakan SPSS 22.00. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi Bank merupakan variable yang paling signifikan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk Giro Wadi’ah di PT. Bank Sumut Syari’ah cabang Padangsidimpuan. Hasil ini dapat dilihat berdasarkan nilai uji F yang dilakukan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa dari uji yang dilakukan pada kedua variable ternyata faktor lokasi merupakan faktor yang lebih dominan. Data ini beristribusi normal, tidak memiliki heterokedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi.