IMPROVING WRITING SKILL THROUGH TASK BASED LANGUAGETEACHING AT FIFTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATIONALDEPARTEMENT AT TARBIYAH AND PEDAGOGY FACULTY

Abstract

<p>Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah mahasiswa dalam menulis dalamĀ  bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan menulis mahasiswa semester 5 Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan melalui penggunaan <em>Task Based Language Teaching. </em></p><p>Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang berisikan 4 pertemuan dan 28 orang partisipan dari mahasiswa lokal TBI-3. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis.</p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 1 skor siswa 73,3 dengan 22 orang mahasiswa tuntas dan 6 orang siswa belum tuntas. Pada pertemuan ke-2, skor rata-ratanya 73,5 dimana terdapat 24 orang mahasiswa yang tuntas dan 4 orang lagi belum tuntas. Selanjutnya pada pertemuan ke-3 terdapat 27 orang mahasiswa yang tuntas dalam menulis bahasa Inggris, sementara 1 orang lagi masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata 77,5. Pada pertemuan terakhir terdapat 100% mahasiswa tuntas, dengan nilai rata-rata 79,2. Dari temuan tersebut, maka ditemukan bahwasanya <em>Task Based Language Teaching</em> dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis bahasa Inggris, dan dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima.