Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo

Abstract

Keterampilan sosial peserta didik mempunyai peran yang sangat penting dalamsebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanaketerampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V MIMuhammadiyah Selo Kulon Progo. Jenis metode penelitian ini adalah penelitiankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajarantematik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu yaitu tahap perencanaan yang meliputimengambil tema dari Kemendikbud RI, mengecek/melihat SKL, KI, KD, melakukanPemetaan KI,KD, membuat jaringan tema, menyusun silabus, dan merancang RPP,tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup,dan tahap evaluasi. Kedua, keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilanbekerja sama dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri dan keterampilan berbagipikiran dan pengalaman dengan orang lain. Ketiga, faktor pendukung pengembanganketerampilan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktorpenghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, dan distribusisumber belajar terlambat. Keempat, dampak pengembangan keterampilan sosial pesertadidik yaitu sikap disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain.