Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media teka-teki silang (crossword puzzle) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul yang berjumlah 37 orang. Data tentang kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Pada siklus I, persentase kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik diperoleh hasil signifikan dari prasiklus yaitu 83% untuk kemampuan membaca dan 72% untuk kemampuan menulis, kemudian terus naik pada hasil siklus II yaitu 90% untuk kemampuan membaca dan 80% untuk kemampuan menulis. Berdasarkan penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab melalui penggunaan media teka-teki silang (crossword puzzle) yang mencakup (1) pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan, (2) peserta didik lebih mudah membaca kosakata bahasa Arab, (3) peserta didik lebih mudah menulis kosakata bahasa Arab, (4) guru lebih mudah membimbing peserta didik yang masih kesulitan.