Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Setiap anak Indonesia berhak terhadap pendidikan yang mengembangkan karakter dengan baik. Karena dengan pendidikan karakter, pendidikan bukan hanya menghasilkan anak-anak yang cerdas juga anak yang mempunyai budi pekerti luhur. Sekolah akan berkembang maju bila semua warga sekolah terlibat secara aktif untuk saling membantu. Pihak sekolah dan orangtua harus memiliki visi sama, sebab semua me-miliki tanggungjawab bersama untuk mengarahkan anak-anak. Orang tua adalah bagian terpenting dalam proses pendidikan karakter anak. Semua pihak sating bahu-membahu menciptakan iklim sekolah yang kondusif, agar penerapan pendidikan karakter dapat berjalan dengan optimal. Harapannya nilai-nilai utama itu dapat dipraktikkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan pendidikankarakter ada berbagai teknik yang digunakan diantaranya penguatan positif, ber:cerita hingga kegiatan kelompok dan lain-lain.