Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi dengan Model Direct Instruktion

Abstract

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, termasuk siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Hasil be/ajar yang dicapai siswa pada tahun-tahun sebelumnya selalu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang, proses pembelajaran atau sarana be/ajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajaryaitu dengan menggunakan modelpembelajaran Direct lnstruktion. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Hasil penelitian: model pembelajaran Direct Instruction efektif digunakan pada pembelajaran IPA di SMP.