Rancangan Pembelajaran Tematik Terpadu Matematika dan Mata Pelajaran lain Di SD/MI Kelas 1 Berdasar Konsep Islam Sebagai Agama Hijau

Abstract

Agama Islam disebut agama hijau karena sangat mempunyai perhatian tinggi terhadap kelestarian lingkungan. Dalam Alqur’an banyak ayat tentang pemeliharaan lingkungan yang disebut ayat hijau. Penamaan surah dalam Alqur’an: Al-Baqarah, An-Naml,  An-Nahl,  Al-Ankabut  menggunakan  nama-nama  binatang.  Kemudian hadits-hadits pun banyak yang merekomendasikan umat manusia untuk menjaga alam, menjaga lingkungan baik tanaman, maupun hewan. Hadits tersebut dapat disebut dengan hadits hijau. Konsep Islam sebagai agama hijau dapat digunakan dalam integrasi pembelajaran tematik terpadu. Pada tulisan ini integrasi dirancang untuk kelas 1 tema 7: Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Pada Subtema 2: bacaan “Binatang Peliharaan Beni” dan bacaan “Tempat tinggal Hewan” sangat selaras dengan konsep Islam sebagai agama hijau. Demikian pula untuk subtema 3 dengan bacaan “Merawat Tanaman” sangat cocok dengan konsep Islam sebagai agama hijau. Pembelajaran matematika dengan pembelajaran tematik berdasar konsep Islam agama hijau dapat menggunakan peraga buah-buahan, biji-bijian dan melaksanakan pengukuran panjang pendek menggunakan pohon maupun bagianbagiannya.