Penanaman Nilai–Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di Mi Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul
Abstract
Pada pesenian Hadroh banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspekaspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai karakter di sekolah dapat ditanamkan dengan cara diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, ekstrakurikuler hadroh merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Subjek penelitian ini adalah Guru ekstrakurikuler hadroh dan siswa-siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hadroh. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Madrasah dan Guru Wali Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul diikuti oleh 12 siswa putra kelas IV dan V dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan dan materi tabuhan, pembacaan sholawat (penggarapan lagu), dan penutup. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam ekstrakurikuler hadroh adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air (nasionalisme), menghargai prestasi, dan tanggung jawab.