Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah
Abstract
Desentralisasi pendidikan yang diberlakukan mulai 1 Januari 2001 membawa perubahan dalam pengelolaan sekolah, yakni dengan Manajemen Berbasis Sekolah yang melibatkan pada peran sekolah dan komite sekolah dalam mengambil setiap kebijakan dan keputusan sekolah. Salah satu aspek yang penting dalam MBSIM adalah model kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Salah satu model kepemimpinan yang relevan dengan MBSIM adalah kepemimpinan transformatif yang mempunyai karakteristik bekerja untuk merubah situasi. Prinsip-prinsip kepemimpinan transformatifadalah simplikasi, motivasi, fasilitasi, inovasi, mobilitas, siap siaga, dan tekad. Kepemimpinan transformatifjika diterapkan dalam lembaga pendidikan yakni, sekolah dan madrasah akan membawa konstribusi dan pengaruh yang signifikan dalam kemajuan lembaga pendidikan tersebut.