Kajian Psikologis Terhadap Stimulasi Visual Alam Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Sekolah Dasar/MI
Abstract
Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motitvasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat pmti11g untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahan-bahan dmgan konsep abstrak. Selain itu penggunaan stimulasi visual akan memungkinkan guru membuat joyful learning sehingga belajar siswa tidak di bawah tekanan dan proses pembelajaran PAI akan produktif, penuh kreativitas, aktivitas, efektivitas dan kegembiraan.