Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuningan

Abstract

Matematika masih merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian siswa. Hal tersebut tercermin dari kurang maksimalnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini. Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Kuningan masih belum bisa dikatakan maksimal karena masih di bawah nilai ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu penyebabnya penerapan metode pembelajaran klasikal yang cenderung monoton dan kurang memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika SMP Negeri 1 Kuningan dengan diterapkannya metode kooperatif tipe numbered head together, sekaligus untuk mengetahui aktifitas siswa di dalam kelas sehingga aktifitas dan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kuningan dengan jumlah siswa 36 orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Setelah data diperoleh, maka dilakukan penganalisaan dengan menggunakan persentase hasil belajar dan keaktifan siswa pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar, siklus 1 adalah 52, siklus 2 adalah 70 dan siklus 3 sebesar 83,9 begitu juga rata-rata ketuntasan kelasnya siklus 1 adalah 8,3%, siklus 2 adalah 44,44% dan siklus 3 adalah 80,56%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Kuningan siklus I 52,31%, aspek keterampilan kooperatif siswa sebesar rata-rata 60,11 %. Pada siklus II aspek aktivitas siswa memperoleh rata-rata sebesar 72,68 % dan aspek keterampilan kooperatif siswa sebesar 74,99%. Pada siklus III aspek aktivitas siswa rata-ratanya sebesar 87,03dan aspek keterampilan kooperatif siswa rata-rata sebsar 83,79 %.