PENERAPAN MEDIA KARIKATUR BERBASIS SPARKOL VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNETIF PADA MATAKULIAH GENETIKA MAHASISWA BIOLOGI KALAS-A ANGKATAN 2014-IBU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognetif melalui media karikatur berbasis sparkol video scribe pada matakuliah Genetika mahasiswa Pendidikan Biologi 2014-A IKIP Budi Utomo Malang (IBU). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan berupa pemberian tindakan pada siklus pembelajaran, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Biologi kelas A angkatan 2014, berjumlah 38 mahasiswa. Proses pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan langkah-langkah, yaitu mengobservasi keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dan pelaksanaan tes formatif pada tiap akhir siklus dilanjutkan dengan analisis hasil tes. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase, yang mana ranah analisisnya meliputi analisis keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dan analisis hasil belajar kognetif mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar berupa tes siklus I termasuk ke dalam kategori ‘Cukup’ karena mampu mencapai 71% dengan rata-rata hasil tes adalah 68, namun persentase tersebut belum mampu mencapai target ketuntasan klasikal minimal 80%, oleh karena itu peneliti melanjutkan tindakan pada siklus II. Hasil Penelitian Tindakan Kelas siklus II menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar berupa tes termasuk ke dalam kategori ‘Baik’ karena mampu mencapai 82% dengan rata-rata hasil tes adalah 73,6, dan persentase ketuntasan ini telah melewati standar ketuntasan klasikal minimal 80%. Keaktifan mahasiswa dalam proses belajar mengajar pun meningkat dari siklus ke siklus, yaitu rata-rata persentase mahasiswa yang aktif pada siklus I hanya mencapai 44,21%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 58,42%. Sesuai dengan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui media karikatur berbasis sparkol video scribe dapat meningkatkan hasil belajar kognetif mahasiswa Biologi kelas A angkatan 2014 IKIP Budi Utomo Malang.