PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK PADA SISWA KELAS III SDN 030 BAGAN JAYA
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya kemampuan menulis puisi anak pada siswa kelas III SDN 030 Bagan Jaya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 . Dari 28 siswa hanya 9 orang siswa yang mencapai KKM yaitu sekitar 32,14%%. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi anak dengan menggunakan metode hypnoteaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas III SDN 030 Bgan Jaya 2018 dengan jumlah siswa 28 orang Kemampuan menulis puisi anak pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 16 orang dengan presentase 57,14% dan meningkat pada siklus II sebanyak 24 orang dengan presentase 85,71%.