PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN PECAHAN DENGAN MEDIA ORIGAMI DAN MODEL TPS PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 1 KOTA MALANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami perbandingan pecahan siswa kelas III SDN Sumbersari 1 Kota Malang dengan menggunakan media origami dan melalui model pembelajaran think pair share. Jenis penlitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumbersari Kota Malang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumenter. Instrumen penelitian mengunakan lembar observasi dan tes tulis. Teknik analisis data meggunakan rumus rerata yang hasilnya disampaikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, kemampuan siswa dalam memahami konsep perbandingan pecahan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I diperoleh keberhasilan sebesar 77,14 % , sedangkan pada siklus II sebesar 88,57%. Penggunaan media origami dan melalui model pembelajaran TPS dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep perbandingan pecahan untuk siswaSD  kelas III