PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TEMAN BERLATIH SOAL SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi teman berlatih  untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam bagi siswa kelas VSD N 011 Bangkinang Kota. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana penerapan strategi teman beraltih untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam untuk siswa kelas V SD N 011 Bangkinang Kota? Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD N 011 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2017. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V  Tahun Ajaran  2016-2017. Siswa kelas V terdiri dari 28 orang yaitu 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Siklus pertama meningkat menjadi 18 orang atau kelengkapan mencapai 64,29%. Pada siklus II siswa mencapai penguasaan ternyata 26 siswa atau dengan persentase sebesar 92,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi teman berlatih dapat  meningkatkan hasil belajar sumber daya alam bagi siswa kelas V SD N 011 Bangkinang Kota