PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT KALIMAT TANYA BERDASARKAN GAMBAR MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SDN SUMBERSARI 1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Kooperatif Tipe Scramble dalam meningkatkan keterampilan membuat kalimat tanya berdasarkan gambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sumbersari I yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil menujukkan bahwa : penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan membuat kalimat tanya berdasarkan gambar di kelas II SDN Sumbersari I Malang dan meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar siswa pada pra siklus hanya mecapai 30%, siklus I 46% dan meningkat menjadi 81% pada siklus II.