UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA 4 SUBTEMA 1 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA SD KELAS 4
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Tegalrejo 05 masih belum mencapai tujuan yang diinginkan. Fakor yang menyebabkan belum tercapainya tujuan pembelajaran disebabkan oleh metode mengajar guru yang masih konvensional, oleh sebab itu dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan IPA menggunakan model Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik tes dan non tes. Teknik Analisis menggunakan teknik deskriptif komparatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Mind Mapping mampu meningkatkan proses dan hasil belajar IPA. Hasil pada hasil belajar menunjukkan bahwa pada pra siklus tingkat ketuntasanpeserta didik sebesar 32,7%, untuk siklus I tingkat ketuntasan sebesar 62,9%, dan siklus II tingkat ketuntasan meningkat sebesar 77,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA kelas 4 SD Negeri Tegalrejo 05.